Apps That Help Me Have A Better Study


Selamat hari Sabtu teman-temanku semuanya. Minggu UAS sudah didepan mata dan seluruh taruna-taruni STMKG sudah sibuk di kamar masing-masing dan fokus untuk belajar. Terlebih senior tingkat empat yang akan melaksanakan sidang bulan Agustus ini. Sebenarnya aku rencanya mau belajar sekarang, tapi masih belum tumbuh niatan belajar itu jadi aku masih main-main (jangan ditiru ya). Aku mau iseng-iseng sharing sedikit tentang aplikasi andalan yang membantu dalam belajar, kali saja bisa membantu.

sneak peek of my iPhone apps

#1 Any.do


Any.do adalah aplikasi produktivitas yang pertama kali aku unduh di App Store. Karena aku adalah seorang tipikal "neat-freak"--who like things clean, maka aku langsung jatuh cinta dengan aplikasi ini. Melalui Any.do ini, aku suka untuk mencatat rencana kegiatan atau even-even yang akan datang sekaligus sebagai reminder karena aku orangnya pelupa. Disini kita bisa menambahkan subtask juga. Karena berhubung akan adanya ujian akhir yang dimulai hari Senin depan, aku suka mencatat kisi-kisi ujian sebagai subtask-nya. Jika satu kisi ujian sudah selesai aku pelajari tinggal dicoret deh! Selain Any.do aku juga merekomendasikan untuk menggunakan aplikasi Wunderlist untuk me-list segala sesuatu. 

#2 Dropbox


Dropbox adalah aplikasi andalan aku. Aku menaruh seluruh materi perkuliahan disini. Karena sering kali teringat akan suatu materi, jadi tinggal buka Dropbox dan membacanya sebentar. Terlebih teman-teman suka sekali meminta materi perkuliahan milikku, jadi tinggal share link dan materiku terbuka dan bisa diakses teman-teman. Apabila aku tidak mempunyai paket data pun aku masih bisa mengaksesnya, karena adanya fitur offline files.

#3 Tide


Ketika belajar rasanya banyak sekali distraction dan membuatku susah fokus, pesan WhatsApp-lah, Instagram-lah, YouTube-lah. Pernah aku berusaha untuk fokus tetapi tetap saja kurang mampu menguasai diri. Aku pernah membaca blog tentang aplikasi produktivitas yang sangat bermanfaat untuk ini. Sebenarnya banyak yang merekomendasikan Forest yang menggunakan teknik Pomodoro, tetapi karena aplikasi Forest berbayar sebesar Rp75,000 sementara aku sukanya yang gratisan. Maka aku memilih alternatif lain dengan teknik yang sama yaitu aplikasi Tide. Tide has cool features. Gambar pertama diatas adalah tampilan pertama Tide, ketika akan mulai belajar tinggal klik Start. Biasanya aku memasang waktu selama 30-60 menit per sesi belajar, karena terlalu banyak belajar juga tidak akan baik. Jadi aku juga memasang timer untuk Rest Mode selama 15 menit per jeda satu sesi dan long break selama 30 menit setelah 4 sesi, yang dapat dimanfaatkan untuk main Instagram, YouTube, atau makan. Setelah menggunakan Tide, kita juga bisa melihat statistik kefokusan kita ketika belajar and I'm feeling quite happy with the result sekaligus terus memotivasi untuk fokus belajar maupun dalam hal apapun.

#4 Info BMKG


Jangan anggap remeh dengan aplikasi Info BMKG ini. Tentunya sebagai seorang taruna STMKG sekaligus insan BMKG harus terus mendukung produk-produk BMKG kan. Walaupun aku akui jika lokasinya kurang akurat tetapi informasinya pretty accurate. Jika pun ada yang bilang, "Lebih akurat si AccuWeather kok!" atau aplikasi cuaca lainnya itu, let me tell you BMKG dibawah WMO (World Meteorological Organization) melalukan pertukaran data internasional lho! Cintailah produk-produk Indonesia ya teman-teman. Aplikasi keluaran BMKG ini sangat membantu to stay updated. Terlebih notifikasinya mengenai prakiraan cuaca hari ini maupun notifikasi gempa yang dirasakan. Waktu aku mau belajar kelompok terus kosan kosong sementara aku punya jemuran diluar misalnya, jadi aku bisa mempersiapkan diri sebelumnya.

#5 Spotify



Terakhir adalah aplikasi favoritku dan mungkin juga favorit semua orang, yaitu Spotify. Karena belajar tanpa mendengarkan lagu rasanya sangat hampa. Malahan aku terus memutar Spotify a whole day, baik itu di laptop maupun ponsel. Lagu yang diputar pun bermacam-macam sesuai dengan mood. Tetapi karena sekarang ini aku sedang memutar playlist Petualangan Sherina dan sebagai bonus aku beri dua playlist lain yang merupakan favorit aku semuanya, yaitu OST. Reply 1988 dan semua lagu Carpenters. Well, don't judge my playlist ya! Semoga dapat bright up your day!




Semangat UAS seluruh taruna STMKG!
x Dayu

Comments

Post a Comment

Popular Posts